Selasa, 25 Oktober 2016

Mengintegrasikan TIK

Pembelajaran TIK
Hari Selasa, 25 Oktober 2016

Meteri
-       Dapat menganalisis perbedaan pembelajaran yang mengintegrasikan TIK dengan yang bukan
-       Dapat menjelaskan langkah” dalam menyusun RPP yeng mengintegrasikan TIK
-       Dapat menyusun RPP yang mengintegrasikan RPP

kegiatan inti a
Kegiatan inti b
-  Siswa membaca sebuah paragraf
-    Siswa membaca sebuah paragraf
-  Siswa mendiskusikan dalam kelompok tentang teks tersebut dan menggolongkan kedalam jenis bentuk paragraph deskripsi.
-    Siswa mendiskusikan dalam kelompok tentang teks tersebut dan menggolongkan kedalam jenis bentuk paragraph deskripsi.
-  Siswa menuliskan karakteristik teks tersebut
-    Siswa menuliskan karakteristik teks tersebut
-  Salah satu perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi
-    Salah satu perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi
-  Siswa lain menanggapi dan memberikan masukan
-    Siswa lain menanggapi dan memberikan masukan
-  Siswa menulis pokok-pokok pengamatan
-    Siswa menulis pokok-pokok pengamatan
-  Siswa ditugasi mengamati kantin sekolah
-    Siswa ditugasi mengamati kantin sekolah
-  Siswa secara perorangan menuliskan paragrap deskripsi dari hasil observasi di kantin
-    Siswa secara perorangan  menuliskan paragrap deskripsi menggunakan media MS word
-  Siswa memasang hasil kerjanya dalam papan pajangan setelah mendapat rekomendasi dari guru
-    Mengemailkan hasil kerjanya

Persamaan
Perbedaan
Kegiatan inti a
Kegiatan inti b
1.        Ada kegiatan belajar membaca
ditulis manual dan di pajang di papan panjang
ditulis di MS Word dan di e-mailkan dan tanggapan melalui mailing list.
2.        Diberi ruang untuk melaksanakan diskusi


3.        Menghasilkan menuliskan karakteristik sebuah teks bacaan


4.        Mempresentasikan hasil diskusi


5.        Kegiatan tersebut memberi ruang untuk memberikan tanggapan dan masukan


6.        Melakukan kegiatan di kantin


7.        Memajang hasil karya



Tantangan abad 21
-          Keterampilan melek TIK
-          Keterampilan berfikir kritis
-          Keterampilan memecahkan masalah
-          Keterampilan berkomunikasi efektif
-          Keterampilan kerjasama secara kolaboratif
Peran guru dalam mengintegrasikan TIK :
-          Fasilitator, Pelatih, Pengarah, teman belajar, Pengantar, kolabolator
-          Dapat memberikan pilihan dan tanggung jawab yang besar kepada siswa untuk mengalami peristiwa belajar.
Peran siswa dalam mengintegrasikan TIK:
-          Partisipan aktif
-          Menghasilkan dan berbagi ilmu pengetahuan / keterampilan serta berpartisipasi layaknya seorang ahli
-          Belajar secara individu
Prinsip Integrasi TIK
-          Aktif (siswa terlibat aktif)
-          Konstruktif (mengembangkan ide baru)
-          Kolaboratif
-          Antusiastik
Langkah-langkah membuat RPP yang mengintegrasikan TIK
-          Menentukan topik
-          Tujuan pembelajatan
-          Menentukan aktivitas pembelajaran memanfaatkan TIK (seperti modul, LKS, program audio, VCD/DVD, CD-ROM, bahan ajar on-line di internet atau alat komunikasi sinkronous dan asinkronous lainnya) yang relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut.

Sumber :

Ahmadi, Farid. 2016. Pembelajaran yang Mengintegrasikan TIK. Semarang: PGSD UPP Ngaliyan

0 komentar:

Posting Komentar