Pembelajaran TIK
Hari Selasa, 25 Oktober 2016
Meteri
- Dapat
menganalisis perbedaan pembelajaran yang mengintegrasikan TIK dengan yang bukan
- Dapat
menjelaskan langkah” dalam menyusun RPP yeng mengintegrasikan TIK
- Dapat
menyusun RPP yang mengintegrasikan RPP
kegiatan
inti a
|
Kegiatan
inti b
|
- Siswa
membaca sebuah paragraf
|
- Siswa
membaca sebuah paragraf
|
- Siswa
mendiskusikan dalam kelompok tentang teks tersebut dan menggolongkan kedalam
jenis bentuk paragraph deskripsi.
|
- Siswa
mendiskusikan dalam kelompok tentang teks tersebut dan menggolongkan kedalam
jenis bentuk paragraph deskripsi.
|
- Siswa
menuliskan karakteristik teks tersebut
|
- Siswa
menuliskan karakteristik teks tersebut
|
- Salah
satu perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi
|
- Salah
satu perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi
|
- Siswa
lain menanggapi dan memberikan masukan
|
- Siswa
lain menanggapi dan memberikan masukan
|
- Siswa
menulis pokok-pokok pengamatan
|
- Siswa
menulis pokok-pokok pengamatan
|
- Siswa
ditugasi mengamati kantin sekolah
|
- Siswa
ditugasi mengamati kantin sekolah
|
- Siswa
secara perorangan menuliskan paragrap deskripsi dari hasil observasi di
kantin
|
- Siswa
secara perorangan menuliskan paragrap
deskripsi menggunakan media MS word
|
- Siswa
memasang hasil kerjanya dalam papan pajangan setelah mendapat rekomendasi
dari guru
|
- Mengemailkan
hasil kerjanya
|
Persamaan
|
Perbedaan
|
|
Kegiatan
inti a
|
Kegiatan
inti b
|
|
1.
Ada kegiatan belajar membaca
|
ditulis manual dan di pajang di papan panjang
|
ditulis di MS Word dan di e-mailkan dan tanggapan
melalui mailing list.
|
2.
Diberi ruang untuk melaksanakan
diskusi
|
|
|
3.
Menghasilkan menuliskan
karakteristik sebuah teks bacaan
|
|
|
4.
Mempresentasikan hasil diskusi
|
|
|
5.
Kegiatan tersebut memberi ruang
untuk memberikan tanggapan dan masukan
|
|
|
6.
Melakukan kegiatan di kantin
|
|
|
7.
Memajang hasil karya
|
|
|
Tantangan
abad 21
-
Keterampilan melek TIK
-
Keterampilan berfikir kritis
-
Keterampilan memecahkan masalah
-
Keterampilan berkomunikasi efektif
-
Keterampilan kerjasama secara kolaboratif
Peran
guru dalam mengintegrasikan TIK :
-
Fasilitator, Pelatih, Pengarah, teman
belajar, Pengantar, kolabolator
-
Dapat memberikan pilihan dan tanggung
jawab yang besar kepada siswa untuk mengalami peristiwa belajar.
Peran
siswa dalam mengintegrasikan TIK:
-
Partisipan aktif
-
Menghasilkan dan berbagi ilmu pengetahuan
/ keterampilan serta berpartisipasi layaknya seorang ahli
-
Belajar secara individu
Prinsip
Integrasi TIK
-
Aktif (siswa terlibat aktif)
-
Konstruktif (mengembangkan ide baru)
-
Kolaboratif
-
Antusiastik
Langkah-langkah
membuat RPP yang mengintegrasikan TIK
-
Menentukan topik
-
Tujuan pembelajatan
-
Menentukan aktivitas pembelajaran
memanfaatkan TIK (seperti modul, LKS, program audio, VCD/DVD, CD-ROM, bahan
ajar on-line di internet atau alat komunikasi sinkronous dan asinkronous
lainnya) yang relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut.
Sumber :
Ahmadi, Farid. 2016. Pembelajaran yang
Mengintegrasikan TIK. Semarang: PGSD UPP Ngaliyan
0 komentar:
Posting Komentar